Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sajian Buka Puasa Di Berbagai Negara Yang Bisa Bikin Kau Terpukau

Meski kini kultur masakan khas negeri-negeri Muslim telah menyebar ke seluruh dunia, tetap hidangan berbuka puasanya sendiri masih terbilang tradisional. Bagaimana jikalau MAHI perlihatkan sajian buka puasa di banyak sekali negara ini? Pasti bakal bikin kau ngiler sekaligus ingin tau!


Dahulunya masyarakatdunia yang memeluk agama Islam mendiami wilayah yang membentang sejauh dari Maroko dan Spanyol di barat, sampai Tiongkok dan Indonesia di timur. Kini bahkan tidak sulit mendapatkan orang Muslim yang mendiami kawasan-wilayah gres sehabis dua hingga tiga generasi. Seperti contohnya di Amerika Serikat, Jepang, Eropa, hingga Australia.


Uniknya penduduk Muslim yang berdiaspora ini membawa banyak kultur masakan yang sebelumnya tidak terlalu dikenal oleh negara yang didatanginya. Sehingga sekarang begitu mudah menemukan masakan Timur Tengah, Pakistan bahkan Indonesia di luar negeri.


Tapi apa saja hidangan buka puasa di berbagai negara yang terkenal ini? Berikut Tim MAHI susun beberapa yang mempesona untuk kamu coba saat sedang berlibur atau bahkan bisa kamu buat sendiri.


Shakshouka dari Afrika Utara


Shakshouka menjadi wangsit banyak hidangan makan pagi dan brunch di berbagai kepingan dunia Barat. (Foto: Shutterstock)

Secara performa, masakan yang satu ini betul-betul memanggil selera. Shakshouka berisikan poached egg yang dikelilingi saus tomat, jintan putih, cabai, dan minyak zaitun. Selebihnya bahan-materi lain disertakan sesuai dengan kultur negerinya masing-masing.


Misalkan orang Tunisia menambahkan artichoke, kacang-kacangan, dan juga kentang. Ataupun sosis di Maroko dan Spanyol, begitupun pasta hijau pedas khas di Yaman.


Samosa dan Pakora dari Asia Selatan


Sementara dari negeri-negeri di Asia Selatan, dua kudapan ini pasti pas dengan selera orang Indonesia. Pakora yaitu sejenis gorengan yang menggunakan materi-materi satuan atau adonan dari di antaranya terong, bawang bombay, bayam, pisang tanduk, paneer (sejenis keju), atau cabai.


Lain halnya dengan samosa yang bentuknya mirip gorengan pangsit isi berupa segitiga. Biasanya samosa diisikan dengan gabungan dari kentang, bawang bombay, kacang polong, lentil, serta daging giling kambing maupun sapi.


Baklava dari Turki


Baklava, hidangan pencuci mulut khas Turki yang sesuai dipadukan dengan kopi Turki yang pahit. (Foto: Shutterstock)

Kuliner Kesultanan Utsmani di masa kemudian yakni salah satu peninggalan Timur Tengah yang sungguh berbudaya dan elegan. Baklava yaitu salah satu dari banyak menu pencuci mulutnya yang mewah. Cocok dipadankan dengan kopi Turki yang pahit.


Hidangan ini terdiri dari lapis demi lapis pastri filo tipis yang dioles dengan mentega. Kemudian di antaranya diisikan kacang-kacangan mirip pistachio, kenari, ataupun hazelnut. Lalu baklava dipanggang dan terakhir disiram dengan sirup elok yang yang dibuat dari madu dan air mawar.


Umm Ali dari Mesir


Mungkin pesaing terbesar baklava asal Turki yaitu yang satu ini dari negeri Piramida. Umm Ali tidak kalah elegannya dan terdiri atas materi-bahan yang juga istimewa.


Semacam mempunyai kemiripan dengan bread & butter pudding, umm ali juga memakai roti-rotian. Kemudian roti dicacah-cacah dan diaduk dengan kacang pistachio, kismis, parutan kelapa, susu, krim, gula, dan juga kayu manis yang ditaburkan di atasnya. Setelah dipanggang, umm ali cocok dirasakan panas maupun acuh taacuh.


Bubur Lambuk dari Malaysia


Makanan Malaysia yang populer tidak jauh dari nasi lemak, nasi kandar, ataupun mee udang dan murtabak. Tapi untuk buka puasa, yang lebih terkenal yaitu yakni bubur lambuk.


Serunya bulan pahala adalah saat berbuka bersama para jamaah mesjid yang menantikan untuk shalat Maghrib bareng . Bubur lambuk menjadi sajian yang disuguhkan di mesjid dan rasanya gurih alasannya aneka macam rempah dan penggunaan daun pakis yang unik.


Kolak dari Indonesia


Kolak, sajian pembuka yang paling dicari-cari dikala bulan pahala. (Foto: Shutterstock)

Kolak – satu sajian yang telah sungguh tidak ajaib tetapi wajib masuk ke daftar menu buka puasa di banyak sekali negara yang unik. Bicara soal makanan buka puasa, niscaya tidak jauh-jauh dari yang satu ini. Kolak cocok sebagai hidangan pembuka maupun pencuci verbal dan konon makin tenar di belahan dunia lainnya.


Kuah cantik santan yang tersaji hangat biasanya diisikan dengan satu atau aneka macam jenis bahan kuliner. Misalnya yang paling umum adalah pisang, ubi, sampai labu dan kolang kaling. Tapi jangan salah, kolak juga lezat saat dikonsumsi dalam keadaan cuek.