Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Air Fryer, Penggorengan Listrik Mutakhir Yang Menyehatkan

Air fryer kini jadi salah satu alat masak wajib punya bagi mereka yang sedang menerapkan gaya hidup sehat tanpa mengonsumsi gorengan. Berbentuk cukup bulky kolam robot, alat masak ini menawarkan akomodasi menggoreng secara sehat tanpa memakai banyak minyak. Kini, kita mampu mengonsumsi gorengan tanpa merasa bersalah. Ide elok, bukan?


Air fryer berwarna putih.
Terdapat aneka macam bentuk lain dari air fryer. (Foto: Shutterstock)

Bagaimana cara menggoreng masakan dengan alat ini? Seperti apa, ya, cara kerjanya? Masakan apa saja yang mampu diolah memakai penggorengan canggih ini? Yuk, simak ulasan berikut ini!


Cara kerja air fryer


Alat ini mematangkan masakan dengan menggunakan udara panas yang beredar dengan kecepatan tinggi. Dengan kecepatan tersebut, udara panas menjalar dengan rata di seluruh permukaan sehingga menciptakan masakan seolah sedang dimasak secara deep-fried mirip saat kita menggoreng nugget ikan. Air yang terkandung dalam makanan menjadi menguap, sehingga kuliner yang dihasilkan bertekstur renyah.


Fungsi air fryer


Fungsi khususnya yakni menggoreng makanan dengan sedikit atau tanpa minyak. Menggoreng makanan dengan air fryer bisa menghemat kandungan lemak tak bosan sampai 80% dibandingkan dengan proses penggorengan biasa. Makanan yang dihasilkan tentu menjadi lebih sehat alasannya terbebas dari bermacam-macam imbas buruk minyak mirip kolesterol tinggi.


Ayam bakar air fryer.
Rupanya ayam panggang juga mampu diolah menggunakan air fryer! (Foto: Shutterstock)

Selain untuk menggoreng, ada fungsi lain yang mampu kita dapatkan dari robot kecil ini. Salah satunya adalah memanggang kue. Kita bisa menggunakan air fryer mirip oven dengan mengendalikan pre-heat di suhu tertentu sesuai dengan kematangan yang kita kehendaki dan bahkan untuk sekadar menghangatkan makanan.


Cara pakai air fryer


Cara memasak memakai penggorengan elektrik ini cukup sederhana dan gampang. Namun, ada beberapa hal yang harus diamati supaya proses memasak menjadi lebih maksimal. Berikut ulasannya.


1. Mengeringkan masakan sebelum digoreng 


Jika ingin menggoreng makanan mirip kentang goreng, pastikan kentang dalam kondisi kering atau tidak mengandung banyak air. Begitupun dengan makanan lain mirip ayam dan daging. Semakin banyak air yang dikandung bahan makanan, kian sukar air fryer untuk menciptakan tekstur yang garing.


2. Panaskan terlebih dahulu 


Sama seperti halnya panggangan, penggorengan ini butuh dipanaskan apalagi dahulu sebelum digunakan. Kondisi air fryer yang telah panas membuat proses menggoreng jadi lebih cepat dengan hasil optimal.


3. Hindari memasukkan materi kuliner terlampau banyak


Meski ruang di dalam air fryer cukup besar, kita tidak bisa memasukkan banyak makanan sekaligus ke dalamnya. Jika isinya terlalu sarat , tingkat kematangan yang dihasilkan menjadi tidak sama sehingga rasanya pun tidak optimal.


Air fryer memasak kentang.
Contoh penggunaan air fryer yang tepat – tidak memasukkan terlampau banyak kuliner. (Foto: Shutterstock)

4. Perhatikan takaran minyak 


Ukuran minyak yang dipakai saat mengolah masakan dalam air fryer juga tetap mesti diamati. Jangan sampai jumlahnya terlalu sedikit atau terlalu banyak. Umumnya, kita hanya membutuhkan satu hingga dua sendok makan minyak untuk menggoreng. Bahkan, ada makanan yang tidak perlu menggunakan minyak sama sekali ketika diolah.


5. Bersihkan secara rutin


Sama dengan alat masak yang lain, alat ini wajib dibersihkan secara berkala . Cara membersihkannya memang sedikit berlainan, bab luar mampu dibersihkan menggunakan lap, sedangkan bab dalam bisa dibersihkan memakai spons basuh piring yang lembut dan air hangat.


Untuk bagian yang sulit dibersihkan, kita mampu menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut. Pastikan untuk tidak menyikatnya terlalu keras. Gunakan kain lap bersih untuk mengeringkan bagian yang telah dibersihkan. Inilah waktunya menggoreng tanpa rasa bersalah!