Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Jenis Jus Penurun Darah Tinggi

Menjaga tekanan darah bisa dikerjakan secara alami lewat konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hal ini membantu tubuh untuk lebih sehat tanpa konsumsi obat-obatan kimia yang berlebihan. Agar prosesnya lebih tenteram dan rasanya lebih yummy, kau bisa mencoba beragam jenis jus penurun darah tinggi berikut.


Sejumlah observasi mengungkap bahwa berbagai macam buah-buahan terbukti ampuh membantu menurunkan tekanan darah kalau disantap secara berkala . Beberapa kalangan senyawa bioaktif seperti flavonoid diandalkan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan ini terdapat dalam beberapa buah-buahan berries, sebagai misalnya.


Selain buah-buahan, berbagai macam sayuran mampu memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang bagus akan membantu menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi. Kandungan seperti potassium dan kumarin ialah senyawa dalam beberapa jenis sayuran yang kita perlukan untuk menciptakan jus penurun darah tinggi.


Nah, apa saja buah-buahan dan sayuran yang bisa kita olah jadi jus penurun darah tinggi? Yuk intip beberapa pilihannya berikut ini!


1. Jus Kiwi


Jus kiwi
Kiwi, salah satu buah yang tepat dimasak menjadi jus penurun darah tinggi (Foto: Shutterstock)

Dari sekian banyak buah-buahan yang dinilai efektif menurunkan tekanan darah, buah kiwi adalah yang paling sering disebut. Menurut observasi yang dilaksanakan oleh National Institutes of Health, mengonsumsi tiga buah kiwi dan satu buah apel per hari mampu menolong menurunkan tekanan darah.


Dua buah ini mampu jadi inspirasi untuk menciptakan jus penurun darah tinggi yang lezat. Kamu bisa memakai blender atau pressed juicer. Agar seratnya tak terbuang dan cita rasanya lebih kental, kau bisa memakai blender untuk menciptakan smoothie kiwi yang lezat.


2. Jus Tomat


Selain kiwi, tomat juga populer sebagai materi alami yang bisa menurunkan tekanan darah. Tak hanya memiliki rasa yang lebih tomat juga gampang ditemukan. Penelitian yang dilaksanakan oleh Tokyo Medical and Dental University serta Tucson Plant Breeding Institute menyimpulkan bahwa mengonsumsi jus tomat tanpa gula sepanjang tahun bisa menolong menurunkan tekanan darah.


Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang penderita hipertensi yang mengikuti observasi tersebut. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berlainan. Meski begitu, tomat tetap diusulkan oleh American Heart Association untuk dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.


3. Jus Bit


Buah bit juga bisa diolah jadi jus penurun darah tinggi. Menurut Journal of Nutritions yang diterbitkan oleh Oxford Academy, kandungan nitrat pada buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah bila disantap secara berkala .


Selain itu, jus bit juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Minumlah jus bit secara terpola untuk menerima hasil maksimal, yuk, teman-teman!


4. Jus Seledri


Sayur seledri diolah menjadi jus penurun darah tinggi.
Siapa sangka kalau jus seledri dapat berkontribusi pada penurunan tekanan darah? (Foto: Shutterstock)

Jus seledri jadi salah satu jus yang hits di media umum akhir-tamat ini. Banyak pengguna media umum di Indonesia mengaku merasakan berbagai faedah dari jus seledri. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan tekanan darah.


Seledri mempunyai banyak kandungan faedah mirip kumarin yang mampu menjaga keseimbangan air dan menurunkan teknan darah. Senyawa bioaktif phtalides dan antikoagulan juga mampu menghalangi stroke.


5. Jus Wortel


Wortel sebagai jus penurun darah tinggi.
Wortel yaitu salah satu sayuran yang tepat diolah menjadi jus penurun darah tinggi. (Foto: MAHI)

Wortel juga mampu dimasak jadi jus penurun darah tinggi. Kandungan potasium-nya yang tinggi mampu menolong menurunkan tekanan darah dengan cara menyeimbangkan efek negatif dari garam. Potassium juga menolong kinerja ginjal dalam tubuh.


Mengonsumsi masakan yang mengandung potassium akan membantu ginjal mencampakkan keunggulan sodium lewat urin. Selain wortel, beberapa buah-buahan yang mengandung potassium yaitu apricot, alpukat, jeruk, dan anggur.


6. Jus Stroberi


Buah berries seperti stroberi dan blueberry mengandung flavonoid yang diyakini mampu menurunkan tekanan darah. Buah-buahan segar ini bisa kau olah untuk jus penurun darah tinggi yang enak.


Selain itu, flavonoid pada stoberi juga berguna sebagai antioksidan, meredakan peradangan, dan menurunkan risiko serangan jantung. Selain buah berries, kandungan ini juga terdapat pada buah anggur.


Nah, keeenam buah dan sayur ini bisa kamu campurkan untuk membuat jus. Misalnya saja mencampurkan buah bit, wortel, dan seledri untuk jus penurun darah tinggi yang enak. Selamat menjajal !