Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rempah-Rempah Indonesia Yang Wajib Kau Ketahui

Salah satu kunci kelezatan masakan Nusantara terletak pada cita rasa rempah-rempah Indonesia yang khas. Wajib kita syukuri alasannya negeri ini begitu kaya akan rempah-rempah. Selain gampang didapat dengan harga ramah biaya, rempah-rempah yang tersedia tak mengenal perubahan demam isu.


Kamu pasti sangat bersahabat dengan rasa gulai, rendang, kari, atau sup daging. Semua kuliner tersebut mempunyai ciri khas, yakni kehadiran rempah-rempah Indonesia yang berperan memberi rasa dan aroma unik. Ingin tahu rempah-rempah apa saja yang terkenal dipakai pada masakan Indonesia? Berikut adalah daftarnya.


Pala


Pala mempunyai peran penting kalau bicara soal sup dan semur. Kamu bisa menggunakan pala dengan cara dimemarkan, diparut, atau dalam bentuk bubuk. Aroma bagus yang khas pada pala membuat kuliner tertentu seolah takkan lengkap kalau tak dibumbui oleh rempah yang satu ini.


rempah-rempah indonesia
Semur takkan lengkap tanpa kehadiran pala. (Foto: Shutterstock)

Jintan


Jintan sangat penting untuk masakan yang mengandung bumbu kari. Misalnya gulai, kari, ataupun nasi kebuli. Pada kuliner India, jintan termasuk salah satu rempah yang paling penting dalam bumbu garam masala – termasuk di antaranya adalah kapulaga serta cengkih.


rempah-rempah indonesia
Wangi jintan itu sungguh khas dan unik. Yuk, masak dengan bumbu jintan. (Foto: Shutterstock)

Kapulaga


Berbeda dengan kapulaga versi India dan Tiongkok dengan bentuk lonjong dan pipih, kapulaga yang terdapat di Indonesia umumnya berupa lingkaran dengan kulit yang tipis. Sama halnya dengan cengkih, kapulaga juga erat digunakan pada kuliner-masakan mirip nasi kebuli, soto Padang, gulai, kari, atau rendang.


rempah-rempah indonesia
Meski aromatik, hindari juga memasukkan terlampau banyak kapulaga dalam kuliner. (Foto: Shutterstock)

Pekak


Pekak disebut juga bunga lawang mempunyai sensasi rasa yang mirip dengan adas cantik. Salah satu masakan populer khas Gorontalo, Kua Bugis, memakai pekak sebagai salah satu dari puluhan bumbu yang digunakan. Karena aroma dan rasanya yang cukup kuat, penggunaan pekak atau bunga lawang pada kuliner umumnya cuma sedikit. Di dapur Cina, pekak merupakan salah satu rempah yang ada dalam bumbu ngo hiong.


rempah-rempah indonesia
Bunga lawang sangat khas untuk Kua Bugis. (Foto: Shutterstock)

Cengkih


Sulawesi dan Maluku yaitu kawasan penghasil cengkih terbesar di Indonesia. Tidak banyak yang tahu, ternyata cengkih juga mengandung antioksidan. Cengkeh populer dipakai pada masakan yang lekat dengan rempah-rempah Indonesia lainnya. Contohnya mirip nasi kebuli, soto Padang, kari, atau gulai khas Sumatera.


rempah-rempah indonesia
Sentilan sedikit rasa pedas dengan rasa unik yakni ciri khas cengkeh. (Foto: Shutterstock)