Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Seru Di Balik Sajian Legendaris Caesar Salad

Pastinya sudah tidak gila dengan perumpamaan Caesar Salad, bukan? Bisa dikatakan ini yakni salad paling populer di dunia. Tapi tahukah jikalau ternyata salad yang satu ini punya cerita unik di balik penciptaannya? Segera saja simak yuk apa ceritanya di sini!


Sahabat MAHI pastinya sampaumur ini kian menggandrungi bermacam-macam kuliner sehat. Khusus untuk salad, sudah banyak pandangan baru yang Tim MAHI bagi supaya semua semakin kepincut untuk menjajal hal-hal gres. Misalnya saja kita sempat membahas jenis salad dressing, variasi sayur untuk salad, hingga berbagai ilham salad buah. Selalu saja ada yang mampu kita petik dari tema yang satu ini.


Asal usul Caesar Salad


Otomatis mendengar namanya kita akan teringat pada Julius Caesar, seorang diktator di kurun Romawi dulu periode. Sepertinya pas, mengingat masyarakat Romawi di periode keemasannya terkenal hedonis dan peradaban kulinernya terbilang progresif. Tapi benarkah demikian adanya?


Caesar Salad untuk vegetarian.
Caesar Salad bisa dirancang cocok untuk vegetarian. (Foto: Shutterstock)

Ternyata tidak, teman MAHI, Caesar Salad justru baru diciptakan kurang dari 100 tahun yang lalu. Menariknya, bukan juga berasal dari Eropa ataupun Amerika Serikat. Yang memulainya ialah imigran asal Italia yang bermukim di San Diego pada tahun 1920an dan tidak sengaja menciptakan salad ini di restorannya yang berlokasi di Tijuana, Mexico! Alasannya yakni alasannya tamu yang hadir membludak dan bahan kuliner terbatas. Keadaan ini memaksakan datangnya improvisasi yang balasannya melahirkan hidangan legendaris ini.


Caesar Cardini (atau Cesare Cardini jikalau orang Italia menyebutnya), memiliki jaringan bisnis kedai makanan yang cukup luas. Khusus yang terletak di Tijuana, pasarnya justru ialah kalangan selebritis Amerika Serikat. Mereka bertandang ke sana dan memperoleh bahwa hidangan yang satu ini begitu lezat. Reputasi salad ini lalu meningkat ke segala penjuru, tergolong Eropa.


Sayangnya, kisah asli penciptaannya ternyata masih simpang siur. Ada teori yang mengatakan bahwa yang menciptakan yakni para pegawai restorannya dan disempurnakan oleh saudaranya sendiri Alex. Salad ini sempat pula terkenal dengan nama “Aviator’s Salad” yang populer di golongan pilot Amerika yang menerbangkan penumpang menuju Tijuana. Serunya lagi, belakangan malah muncul lagi pengesahan dari seorang berjulukan Livio Santini yang menyatakan bahwa salad ini berasal dari resep orang tuanya yang di kemudian hari “dicuri” oleh Caesar Cardini.


Namun apapun kisah aslinya, tetap sejarah menorehkan tinta bahwa pemenang kesannya ialah Caesar Cardini. Terbukti dengan ditetapkannya nama Caesar Salad dan bukan yang yang lain. Terlebih lagi pada tahun 1953, International Society of Epicure di Eropa memutuskan salad ini selaku resep terbaik yang tiba dari daratan Amerika selama 50 tahun terakhir.


Komposisi Caesar Salad


Julia Child sendiri pernah bercerita soal pengalamannya mengunjung kedai makanan Caesar Cardini pada tahun 1920an bareng orang tuanya. Berikut kurang lebih penuturannya:


“Orang tua saya tentu memesan salad. Caesar sendiri yang melayani kami dan mendorong meja saji mendekat ke meja kami. Kemudian ia mengaduk selada Romaine dalam sebuah mangkuk kayu besar. Seandainya saya masih bisa mengenang semua gerakannya, tetapi sayangnya tidak.


Yang saya paling ingat adalah adanya kehadiran telur. Saya melihatnya memecahkan dua butir telur di atas selada Romain dan mengaduknya. Sayuran hijau pada salad menjadi creamy alasannya adalah bercampur. Dua telur dalam salad? Dua telur yang direbus dalam satu menit? Dan ada crouton bawang putih serta parutan keju Parmesan? Begitu ingatku.


Tapi itu yaitu salad yang begitu dibicarakan dari ujung Amerika ke ujung yang lain. Bahkan kudengar bahwa salad ini juga sukses di Eropa!”


Crouton biasa digunakan pada Caesar Salad.
Salah satu pola penggunaan croutons yakni pada sup. (Foto: Shutterstock)

Secara komposisi, Caesar Salad memiliki elemen-elemen selaku berikut:



  • Selada Romaine

  • Saus Worcestershire

  • Minyak zaitun

  • Bawang putih yang digeprek

  • Telur rebus

  • Crouton

  • Dijon mustard

  • Garam

  • Merica hitam

  • Air jeruk lemon

  • Keju Parmesan parut

  • Opsional: Ayam panggang


Sementara sempat terjadi perdebatan apakah seharusnya Caesar Salad menggunakan anchovy (sejenis ikan asin) atau tidak. Versi yang menggunakannya yaitu yang digarap oleh saudaranya sendiri adalah Alex. Sementara Caesar sendiri mendebat bahwa salad miliknya ini cukup cuma menggunakan saus Worcestershire saja. Ini dikarenakan saus ini mempunyai representasi rasa ikan dan telah memadai.


Namun apapun itu dan bagaimanapun kombinasinya, Caesar Salad ialah satu hidangan yang tersadar komposisi aslinya sampai kini dan pribadi diketahui dari sisi cita rasa maupun bahannya. Rasanya tak sabar untuk secepatnya mencicipinya, bukan? Yuk, secepatnya buat sendiri model kita sendiri di rumah!


Butuh wangsit kuliner lainnya? Jangan lupa datangi bagian resep ataupun postingan di Masak Apa Hari Ini!