Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semoga Berhasil Akhirnya, Mari Simak Cara Membuat Nasi Goreng Kontemporer Berikut Ini!

Terkesan sepele, banyak orang yang tak mengenali soal cara menciptakan nasi goreng yang benar supaya sukses dan seenak di kedai makanan. Padahal ada beberapa kiat tertentu agar menciptakan nasi goreng yang smokey, tidak menggumpal, dan juga merata bumbunya.


Memang, menu ini seolah tak pernah kehabisan kombinasi dan tak pernah kehilangan penggemar. Sederetan restoran kontemporer selalu melibatkan hidangan nasi goreng dari model klasik hingga unik selaku salah satu hidangan andalannya. Misalnya saja nasi goreng kampung, nasi goreng sarden, nasi goreng kluwek, nasi goreng bakar, nasi goreng sambal matah, atau nasi goreng hamburger – ialah nasi goreng yang disuguhkan bareng patty burger.


Agar berhasil meracik nasi gorengnya, tentunya kau wajib menguasai cara menciptakan nasi goreng yang tepat. Chef akan menyebarkan beberapa tips masak nasi goreng yang perlu kau ketahui:


Gunakan nasi cuek


Untuk membuat nasi goreng, gunakan nasi hambar atau nasi yang sudah tidak panas lagi. Nasi yang masbodoh condong tidak basah sehingga dikala ditumis, dia tidak akan basah dan menggumpal. Jika kau menggunakan nasi yang semalaman disimpan dalam kulkas, biarkan sesaat hingga suhu dinginnya turun kemudian mulai masak nasi bareng bumbunya.


Pilih juga nasi yang dimasak dari beras berbulir panjang dan tidak pulen sehingga takkan mudah menggumpal. Ingin lebih sehat? Kamu juga bisa meracik nasi goreng dari beras merah, beras hitam, atau beras cokelat.


Pakai wajan deep frying atau wok


Untuk mendapat aroma smokey dengan nasi yang terselimuti rata dengan bumbunya, gunakan wok yang panasnya rata dan juga mampu lebih leluasa dalam mengaduk. Pastikan suhu wok atau wajan benar-benar panas untuk menangkal nasi lengket dikala diolah.


Satu cara membuat nasi goreng yang baik adalah dengan menggunakan wok.
Gunakan beras berbulir panjang untuk mengolah masakan nasi goreng. (Foto: Shutterstock)

Gunakan bumbu tanpa air


Jika kamu ingin membuat nasi goreng dengan penyesuaian bumbu yang tak biasa, usahakan bumbu halus yang digunakan tidak terlampau mengandung banyak air. Agar nasi gorengmu tak lembap, kamu harus menumis bumbu hingga kandungan airnya terserap habis sebelum diaduk bersama nasi.


Pakai sutil berbahan logam


Hindari menggunakan sutil berbahan kayu untuk mengaduk nasi goreng. Selain lebih kaku, bentuk sutil datar dan membuatmu tidak leluasa dalam mengaduk nasi goreng. Gunakan sutil berbahan logam yang biasa digunakan untuk menggoreng alasannya bentuknya yang membuat lebih mudah kau untuk mengaduk beserta bumbu dan menerima panas secara merata.


Selalu hidangkan bersama aksesori


Meski terdengar sepele, kamu pasti setuju jikalau nasi goreng lebih mantap saat dihidangkan bersama dengan pelengkapnya. Pilih suplemen yang kau suka – contohnya acar bawang, bawang merah goreng, kerupuk udang atau bawang, serta sayuran segar seperti mentimun dan selada yang memperbesar sedap seporsi nasi goreng!


Satu cara membuat nasi goreng lebih enak adalah dengan melengkapinya dengan kerupuk.
Aneka ragam kerupuk memang selalu sedap disuguhkan kapan pun. (Foto: Shutterstock)

Ingin lebih praktis? Ini saatnya kau memakai Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Rendang untuk Nasi Goreng Rendang dan Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Cabe Hijau untuk menyuguhkan Nasi Goreng Cabe Hijau seenak di restoran. Setelah mengenali cara menciptakan nasi goreng, yuk, kita segera memasaknya!