Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terpesona Semarak Bisnis Tempe Di Mancanegara? Kenali Proses Pembuatan Tempe Berikut Ini!

Proses pembuatan tempe berjalan tidak cuma di Indonesia. Kini, semakin banyak WNI yang menetap di negeri-negeri perantauan mulai melirik serunya bisnis tempe. Selain pastinya demi mengobati rasa kangen akan kampung halaman.


Kesuksesan para produsen tempe di Jepang, Amerika Serikat, Australia, bahkan Timur Tengah begitu menginspirasi, meski jauh dari negeri sendiri. Memulainya acap kali begitu sederhana – hanya dari usaha rumahan! Bahan bakunya yakni kacang kedelai, makin mudah didapat dan harganya tidak mahal. Permintaan yang kian tinggi juga memotivasi para WNI untuk membuka usaha tempe di mancanegara.


daun jati juga bisa dipakai sebagai pembungkus kedelai, sebagai salah satu tahap proses pembuatan tempe
Tempe dengan pembungkus daun pisang. (Foto: Shutterstock)

Prosesnya dimulai dari kacang kedelai yang direndam dan lalu diikat oleh jamur Rhizopus – mirip Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonifer, atau Rhizopus arrhizus. Rhizopus oryzae ditemukan di bagian belakang daun waru ataupun daun jati. Bahkan sekarang jamur pengikat tempe dijual dalam bentuk abu dan juga mampu didapat dari pengerjaan tempe sebelumnya.


Adapun proses pembuatan tempe yang mampu dipelajari yaitu selaku berikut:



  • Seperti halnya proses pembuatan susu kedelai, kacang kedelai mesti direndam terlebih dahulu untuk menyerap air sebanyak mungkin. Pembuatan tempe membutuhkan proses hidrasi ini setidaknya selama 12-18 jam. Proses ini juga menolong kulit kacang kedelai terlepas.

  • Setelah direndam, kacang kedelai mesti melewati proses pengupasan, untuk kemudian dibilas biar menghilangkan aroma langu.

  • Sesudahnya kacang kedelai diolah dengan cara dikukus sampai matang. Kedelai matang ini lalu diturunkan suhunya dengan cara dikipasi.

  • Lalu saatnya mencampur kedelai matang dengan jamurnya. Kedelai berjamur ini lalu sudah dapat dibungkus dalam plastik atau dedaunan pembungkus (daun pisang atau daun jati). Yang mesti ditentukan adalah kacang kedelai tertutupi merata dengan jamur.

  • Fermentasikan kedelai dalam suhu ruang selama 2 hari.


tempe mendoan hasil dari mengetahui proses pembuatan tempe sendiri di rumah
Ngeteh sore akan makin seru jika sambil menyantap tempe mendoan. (Foto: Shutterstock)

Kita bisa mengawali untuk membuat tempe sendiri di rumah selaku materi latihan dalam ukuran kecil. Jika sukses, maka resep cara menciptakan tempe bacem, tempe mendoan, atau bahkan burger tempe bisa dinikmati dari hasil bikinan sendiri di rumah. Seru, kan?


Kalau sudah jago dengan tempe kacang kedelai, kita bisa menciptakan alternatif tempe kacang hijau atau tempe kacang kedelai hitam. Untuk sahabat MAHI yang tinggal di luar negeri, bisa jadi ini yakni usulanuntuk membuka bisnis tempe. Semakin banyak kini ini orang Indonesia yang bertualang dan tinggal di mancanegara.


Selamat mencoba!