Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Kenali Banyak Sekali Manfaat Dari Buah Apel Dan Beragam Jenisnya

Tanggal 1 Desember di Amerika Serikat digaungkan selaku Hari Nasional Makan Buah Apel Merah. Menarik untuk menyelidiki hal ini alasannya apel merah memang senantiasa diasosiasikan dengan apelnya orang Amerika. Meskipun Indonesia juga mempunyai varian apel Malang yang terkenal, ternyata buah apel lebih banyak lagi jenisnya. Selain itu, buah yang manis renyah ini terlalu banyak keuntungannya untuk kesehatan.


pai yang terbuat dari buah apel
Pai apel, satu menu yang menciptakan buah ini makin populer! (Foto: Shutterstock)

Yuk, kita tinjau satu per satu perihal kelebihan buah ini dan berbagai jenisnya yang terkemuka!


Manfaat buah apel untuk kesehatan


Bahasan buah apel kita mulai dengan suatu peribahasa renta, “An apple a day keeps the doctor away”. Yang mempunyai arti jika buah ini mempunyai banyak makna penting bagi kesehatan. Terlebih lagi, apel ialah buah yang paling dibudidayakan di dunia serta salah satu yang terbanyak dikonsumsi. Tidak salah kalau ada yang menyebut apel sebagai “buah mukjizat”.


buah apel red delicious
Red Delicious, produk bersejarah yang menjadikan kita mengasosiasikan apel dengan warna merah. (Foto: Shutterstock)

Mengapa demikian? Satu studi yang dicantumkan dalam suatu jurnal kesehatan Experimental Biology and Medicine di tahun 2006 menyatakan bahwa mengonsumsi apel dapat menolong mempertahankan kesehatan otak. Ini dikarenakan unsur apel bisa memperlambat maut sel dalam otak akibat oksidasi ataupun inflamasi. Ternyata buah ini tidak cuma berperan untuk aben lemak dan membantu hitungan kalori yang lebih rendah. Lebih jauhnya, buah apel juga mendatangkan manfaat bagi penderita Alzheimer serta meminimalkan resiko stroke.


Kandungan apel sendiri begitu kaya akan antioksidan, flavanoid, serta serat. Ini dapat menolong juga menghalangi kanker, hipertensi, penyakit jantung, serta diabetes. Maka secara nutrisi, buah apel memiliki vitamin C, vitamin B-kompleks serta mineral.


Secara lazim, buah apel kondusif untuk dimakan sehari-harinya. Hanya saja hindarilah bab bijinya alasannya adalah memiliki peluang mengandung sianida dan tidak aman jika disantap dalam jumlah besar. Selain itu menurut satu studi oleh seorang profesor di bidang kedokteran gigi, rasa apel yang cenderung masam bisa lebih berpeluang menghancurkan gigi dibandingkan minuman bersoda.


Pertanyaan yang sering diajukan yakni mengenai kulit apel, apakah pantas disantap atau tidak? Ternyata beberapa studi menyarankan kita supaya memakannya. Ini dikarenakan kandungan serat serta antioksidan ternyata banyak terkandung di bagian kulit buah apel. Melegakannya lagi, beberapa ilmuwan menyatakan bahwa secara konsisten tingkat pestisida yang melekat pada kulit sangatlah rendah.


Jenis-jenis buah apel yang populer


Meskipun Amerika Serikat khusus merayakan Hari Makan Buah Apel Merah, tapi layak kita pahami bahwa buah apel tidaklah selalu berwarna merah. Varietas apel begitu bermacam-macam, dengan warna serta rasa yang juga berlawanan-beda. Mari kita lihat beberapa yang populer di dunia:


1. Red Delicious


Inilah apel yang paling populer di dunia. Dibudidayakan sejak tahun 1800an simpulan, Red Delicious menjadi simbol bergotong-royong apel “haruslah” berwarna merah. Rasanya agak elok, renyah, dan cocok untuk dinikmati dalam sepiring salad segar.


2. Honeycrisp


buah apel honeycrisp
Honeycrisp menjadi pesaing berat di pasar yang dulunya dikuasai Red Delicious. (Foto: Shutterstock)

Pemunculannya yang baru sekitar 20 tahun kemudian mulai menggoyahkan dominasi Red Delicious. Ini dikarenakan Honeycrisp memiliki rasa yang elok, juicy, dan sesuai namanya – renyah. Selain itu, jenis ini lebih fleksibel dipakai dalam banyak sekali masakan seperti salad, pai, saus, serta untuk kuliner yang dipanggang.


3. Granny Smith


buah apel granny smith
Granny Smith, apel dengan cita rasa masam yang begitu populer. (Foto: Shutterstock)

Berasal dari Australia, jenis apel Granny Smith ini populer alasannya warna hijaunya. Sesuai namanya Granny Smith memang kurang lebih seumuran dengan pemunculan Red Delicious di era lampau. Rasanya yang lebih cenderung masam cocok untuk disajikan dalam bentuk salad ataupun pai apel.


4. Fuji


Sesuai namanya, salah satu apel termanis di dunia ini berasal dari Jepang. Warna merahnya ternyata berasal dari persilangan antara Red Delicious dengan jenis yang lain. Rasa bagus dari apel Fuji membuatnya cocok untuk dikonsumsi eksklusif serta diaplikasikan dalam aneka macam teknik mengolah masakan.


5. Gala


Kalau Australia punya Granny Smith, maka New Zealand punya Gala. Apel yang satu ini begitu aromatik dan mempunyai rasa yang sungguh elok. Warnanya sendiri begitu unik – dasarnya berwarna kuning dan ditumpangi paduan warna pink serta oranye. Apel Gala paling sesuai untuk dinikmati pribadi, selaku materi untuk salad serta untuk membuat saus.


Demikian banyak sekali manfaat dari buah apel yang mampu kita pelajari kali ini. Bahkan dalam bentuk cuka apel sekalipun mendatangkan manfaat untuk kesehatan. Sungguh mempesona untuk membuatnya selaku bahan petualangan para pencinta makanan ataupun yang hobi masak! Kalau tergiur, cobalah berbagai jenis yang belum pernah dicoba sebelumnya. Nikmati pribadi sehabis berolahraga saat Car Free Day nanti ataupun siapkan untuk diolah. Jadikan simpulan pekan kali ini berlawanan dari umumnya!